kumpulan hadis

kumpulan hadis nabi terjemahan ke bahasa indonesia, penting nya hadis ini di sebar untuk peringatan bagi orang orang mu’min

Dari abi muhamad al hasan bin ali bin abi thalib cucu rasulullah s.a.w dan kesayangan nya telah berkata: aku telah hafal (suatu sabda) dari rasulullah “tinggalkanlah apa-apa yang meragukan kamu, kerjakanlah apa yang tidak meragukan mu”
Di riwayatkan oleh tirmidzi dan nasa-i dan telah berkata tirmidzi :ini adalah hadits hasan shoheh

Hadis terjemahan berikut nya

Dari abi hurairah r.a. Telah berkata: telah bersabdah rasulullah s.a.w :”sebagian dari kebaikan dari keislaman seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya”

Hadis hasan di riwayatkan oleh tirmidzi

Hadis berikut nya

Dari abi hamzah anas bin malik r.a pelayan rasulullulah s.a.w dari nabi s.a.w telah berkata: “tidak sempurna iman seseorang sehingga ia mencintai saudaranya (sesama muslim ) sebagai mana ia mencintai dirinya sendiri.”

Di riwayatkan oleh imam bukhari dan muslim

Hadits berikut nya

Dari ibni mas’ud r.a telah berkata: telah bersabdah rasulullah s.a.w : “tidak halal darah seorang muslim kecuali di sebabkan tiga perkara: 1. Duda/janda yang berzina 2. Pembunuhan di balas pembunuhan, 3. Orang meninggalkan agamanya, memisahkan diri dari jema’ah (murtad)”.

Di riwayatkan oleh imam bukhari dan muslim

Hadits berikut nya

Dari abi hurairah r.a. Sesungguh nya rasulullah s.a.w telah bersabdah: ” barang siapa yang beriman kepada ALLAH dan hari kemudian maka hendaklah ia berkata yang baik-baik atau hendaklah ia diam, dan barang siapa yang percaya kepada ALLAH dan hari kemudian maka hendaklah menghormati tetangganya, dan barang siapa yang beriman kepada ALLAH dan hari kemudian hendaklah ia menghormati tamu nya,”

Di riwayatkan oleh imam bukhari dan muslim

Dari abi hurairah r.a bahwasanya seorang laki-laki berkata kepada nabi s.a.w :”berilah wasiat kepada ku” sabdah nabi s.a.w : “janganlah engkau mudah marah ” maka di ulangi beberapa kali sabdah nya: janganlah engkau mudah marah.

Di riwayatkan oleh imam bukhari

Dari abi ya’la syaddaad bin aus r.a. Dari rasulullah s.a.w telah berkata: sesungguhnya ALLAH mewajibkan berlaku baik atas segala sesuatu, maka jika kamu membunuh maka hendaklah kamu membunuh dengan cara yang baik, dan jika kamu menyemblih maka sembelihlah dengan cara yang baik, dan hendaklah menajamkan pisau, dan hendaklah menyenangkan hewan sembelihan itu (jangan di pijak/di banting)

Di riwayatkan oleh imam muslim

Dari abi dzarr jundub bin junadah dan abdirrahman mu’adz bin jabal. R.a dari rasulullah s.a.w telah berkata: “takutlah engkau kepada ALLAH di mana saja engkau berada, dan susullah sesuatu kejahatan dengan kebaikan, pasti akan menghapusnya dan bergaullah sesama manusia dengan budi yang baik,”

Di riwayatkan oleh tirmidzi dan ia telah berkata: itu adalah hadits hasan dan dalam sebagian kitab di sebutkan: hasan shoheh

Dari abi al abbas abdillah bin abbas r.a. Telah berkata dia : “saya pernah berada di belakang nabi s.a.w pada suatu hari, maka beliau bersabda: “jagalah ALLAH (jagalah batas-batasnya) pasti ALLAH akan menjaga engkau, jagalah ALLAH pasti engkau akan mendapatkanya di hadapan mu, jika engkau minta, mintalah kepada ALLAH, jika engkau minta tolong mintalah tolong kepada ALLAH, ketahuilah bahwa sesungguhnya jika bersatu ummat (manusia) untuk memberikan menfaat (kebaikan) pada mu dengan sesuatu, niscaya tidalah mereka dapat melakukan hal itu, kecuali dengan sesuatu yang telah di tentukan ALLAH kepada mu, dan jika mereka bersatu untuk mencelakakan kamu dengan sesuatu, niscaya tiadalah mereka dapat mencelakan kamu kecuali dengan sesuatu yang telah di tentukan oleh ALLAH kepada mu, telah di ankat kalam dan telah kering (tintah) lembaran-lembaran itu ( nasib baik ataupun malang tersurat di dalam azali “taqdir ilahi”)

Di riwayatkan oleh tirmidzi dan ia telah berkata: “itu adalah hadits hasan shoheh”
Dan dalam riwayat selain tirmidzi: jagalah kenangan ingatan pada ALLAH, pasti engkau mendapatinya di hadapan mu, hendaklah engkau mengenal ALLAH di waktu lapang, pasti ALLAH akan mengenal engkau di waktu sempit, ketahuilah bahwa apa yang harus menyimpang pada mu, tidak akan mengenai engkau, dan apa yang harus mengenai engkau tidak akan menyimpang pada mu, dan ketahuilah kemenangan ada beserta kesabaran, dan sesungguhnya kesenangan ada beserta kesusahan, dan kesulitan ada beserta kemudahan,
Artinya: kesempitan itu selalu berkesudahan dengan kesabaran

Semoga hadist-hadist ini bermenffaat, jika anad pengen meng cofy silakan saja, pasamg di blog atau web site anda

Leave a comment